Belajar Semakin Menyenangkan dengan ABC (Ayah Bunda Cerita)

Ayah Bunda Cerita (ABC)

Sejak dri nenek moyang kita bahkan zaman sebelumnya, cerita atau kisah sudah menjadi salah satu cara dalam mengajarkan hal-hal baru juga nilai-nilai mulia. Hal serupa pernah kita rasakan saat masih usia belia, orang tua kita tidak jarang bercerita untuk menancapkan nilai-nilai moral kepada kita. Kita semua senang karena seolah diajak berpetualang masuk ke dalam kisah yang diceritakan.

Terlebih pada anak-anak yang belum terbiasa fokus melalkukan sesuatu dalam durasi waktu yang lama, bercerita bisa jadi solusi yang menyenangkan bagi bereka. Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setiap guru juga orang tua perlu menyesuaikan dan terus menginovasikan metode mengajarnya agar dapat diterima oleh anak. Bercerita adalah salah satu metode yang dari dulu hingga saat ini masih sangat efektif untuk anak-anak, baik daring maupun luring, bercerita masih sangat diminati oleh anak.

Ayah Bunda Cerita (ABC) adalah salah satu bentuk kolaborasi antara sekolah dengan orang tua dalam memfasilitasi proses belajar siswa di PG-TK Sekolah Alam Cikeas, yang terletak di Cikeas, Bogor Jawa Barat. Setiap orang tua mendapat kesempatan secara terjadwal dikordinir oleh fasilitator kelas untuk berbagi cerita dan pengalamannya di depan anak-anak.

Selama satu tema ini sudah ada delapan orang tua PG-TK Sekolah Alam Cikeas yang telah berbagi ceritanya dalam kegiatan ABC. Ada yang bercerita tentang pekerjaannya sebagai pembuat film animasi, ada yang bercerita tentang pekerjaannya di kapal laut dan mengajak siswa untuk melihat-lihat langsung kondisi dan aktivitas di dalam kapal melalui gambar dan video yang diperlihatkan saat pembelajaran daring. Dan masih banyak lagi cerita seru yang orang tua bagikan kepada anak-anak.

Meski belum semua orang tua terbiasa bercerita di depan anak-anak, namun tidak mengurangi antusias anak-anak di PG-TK Sekolah Alam Cikeas untuk menyimak dan aktif bertanya. Ada saja anak-anak yang begitu antusias mengacungkan dan melambaikan tangannya untuk bertanya kepada orang tua yang sedang bercerita. Kondisi seperti itu merupakan bukti dan validasi bahwa anak-anak sangat senang dan menikmati belajar melalui cerita dari Ayah Bunda tercinta.

 

Pada tahun ajaran ini, semua orangtua akan berkesempatan untuk berbagi ceriatnya kepada anak-anak di kelas. Hal ini dicanangkan pihak sekolah dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menguatkan hubungan kolaboratif antara sekolah dan orang tua.
  2. Mensinergikan pengasuhan di rumah dan sekolah.
  3. Memantik semangat belajar anak dengan menghadrikan ragam cerita dari semua orang tua.
  4. Meningkatkan kecakapan komunikasi dan literasi anak.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri anak.
  6. Mewujudkan program merdeka belajar kemendikbud dengan memfasilitasi ragam sumber belajar bagi anak.

 

Alhamdulillah dua bulan berjalan tujuan-tujuan itu semakin terlihat jelas telah dapat terealisasikan dengan dukungan penuh dari orang tua serta respon komunikatif dari para fasilitator kelas dalam merancang jadwal ABC di kelas masing-masing.

Semoga kegiatan ABC dapat menjadi salah satu jembatan untuk menggapai tujuan belajar dan dapat diterapkan di banyak sekolah di Indonesia.

Salam,
Guru Hebat Guru Pembelajar

Fadhil Mas Ghufron
Kepala PG-TK Sekolah Alam Cikeas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *