Mengajarkan Wirausaha pada Anak TK

Karena pada dasarnya MARKET DAY Sekolah Alam Cikeas adalah salah satu proses  pembelajaran yang menitikberatkan pada potensi siswa untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa kreatif dan inovatif yang diminati oleh pasar atau pembeli.

Proses pengenalan transaksi jual beli sederhana dapat dilakukan orang tua dengan berbagai cara, misal dengan mengajak anak berbelanja kebutuhan sehari-hari, mengenalkan nominal uang dalam proses transaksi, melalui permainan jual beli, atau bisa juga dilakukan dengan cara “mini market” bersama anggota keluarga yang lain. Pengenalan wirausaha sejak dini ini akan berdampak besar ketika mereka sudah dewasa. Anak akan memiliki kepercayaan diri, mandiri, kreatif, dan tidak mudah patah semangat. Itulah mengapa pemahaman konsep wirausaha ini selain dilakukan di rumah, seharusnya juga dilakukan di sekolah.

Tanggal 19 oktober 2016, kegiatan “mini market” ini juga dilakukan oleh siswa-siswi di TK B Matahari dan Merkurius. Kegiatan ini dipersiapkan oleh siswa-siswi dan fasilitator. Mini Market ini menjual tanaman “Terrarium” yang terdiri dari tanaman sukulen yaitu tanaman yang dapat hidup ditempat kering karena mampu menyimpan cadangan air atau makanan dalam tubuhnya.

Persiapan diawali dengan  pembuatan terrarium. Terrarium adalah taman miniatur dalam media kaca. Siswa-siswi TK B membuat terrarium dalam wadah kaca bekas atau plastik transparan bekas seperti wadah bekas selai dan yang sejenisnya. Siswa-siswi TK B menghias pada saat pelajaran Greenlab. Proses menghias terrarium ini juga dibantu oleh fasilitator kelas. Tanaman Terrarium ini nantinya akan dijual dengan cara class to class.

Pada hari pelaksanaan Market Day, karena metodenya class to class, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Di setiap kelompok mereka mendapat tugas yeng berbeda-beda sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, ada yang bertugas memegang poster, memegang kotak uang, dan penjual, akan tetapi semua siswa ditantang untuk menawarkan dengan kalimat sederhana.

Mereka terlihat bersemangat dan antusias melaksanakan tugas mereka masing-masing. Mereka sangat percaya diri dalam menawarkan tanaman terrarium, mereka juga memberikan informasi tentang bagaimana merawat tanaman terrarium dengan baik, sehingga pembeli dapat merawat tanamannya dengan baik, dan memberikan informasi tentang perbedaan harga dari tanaman terrarium pot kecil dan pot besar.

Alhamdulillah kegiatan Market Day dilaksanakan dengan lancar dan penuh semangat. Semoga teman-teman TK B mendapatkan pengALAMan berharga dari kegiatan ini.

 

“Siswa menawarkan TanamanTerarium hasil karyanya kepada warga sekolah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *