Trik Membuat Anak Suka Membaca

                 I Love to Read!

Metode pengajaran Bahasa melalui Read Aloud yang dilakukan oleh fasilitator Sekolah Alam Cikeas, telah berhasil memberikan pengaruh yang positif pada anak-anak di kelas. Terlihat anak-anak semakin gemar melihat buku yang ada di perpustakaan kelas pada saat “Free Play”. Anak-anak juga mulai tertarik untuk mengikuti dan menirukan apa yang dilakukan oleh fasilitator dan mempraktekkannya di depan teman-temannya.

Seperti yang dilakukan oleh Ananda Abigail pada saat selesai jam perpustakaan dengan pak Zul. Ananda sangat tertarik untuk membacakan buku untuk teman-temannya dengan atusias dan sangat ekspresif.

Kami sangat terkejut dan terkesan dengan melihat reaksi anak-anak yang semakin berani tampil di depan teman-teman dan mampu merangkai kata dan kalimat dengan cukup baik. Hal yang lebih mengesankan adalah respon dari teman-teman yang lain yang terlihat antusias mendengarkan dan bahkan bertanya, sehingga terjadi proses interaksi yang baik antar anak yang membaca dan yang mendengarkannya.

Kami berharap dengan metode Read Aloud yang diterapkan secara konsisten di sekolah dan di rumah, anak akan semakin tertarik denga buku dan bertambah kosakata serta berkembang kemampuan Bahasanya.

Memberikan kepercayaan untuk membacakan buku di depan teman-temannya, sekaligus melatih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *