outcamp SD 4 @Purwakarta

OUTCAMP SAC
Salam sahabat alam semua, bagi teman-teman pecinta alam semua pasti tidak asing lagi dong dengan istilah outcamp.
yaps, OUTCAMP. Outcamp adalah salah satu kurikulum pembelajaran yang ada di sekolah alam. Sekolah alam cikeas sejak tahun pertama berdiri sudah menjalankan kegiatan outcamp bersama sisa-siswinya
Untuk kegiatan outcamp itu sendiri disesuaikan dengan level/kelas loh, jadi kalian tidak perlu khawatir. Untuk level 1 dan 2 SAC biasanya memfasilitasi siswa dengan kegiatan Ramadhan Camp. Kegiatan ini dilakukan pada bulan ramadhan (dua haru satu malam). Disitulah siswa dilatih kerjasama, tanggung jawab dan kemandiriannya dengan dengan berbagai kegiatan didalmnya serta menginap dengan mendirikan tenda di lingkungan SAC. Naik ke level 3, anak-anak mulai di ajak camping diluar sekolah, namum masih dalam jarak dalam kota. Tempat-tempat yang biasa dijadikan destinasi outcamp SD 3 yaitu : buperta, ragunan dan mekarsari, jadi tidak terlalu jauh kaaan?. Nah untuk level SD 4, anak-anak mulai melaksanakan kegiatan outcamp yang lebih jauh, yaitu wilayah provinsi. Untuk level SD 4, selama tiga tahun berturut-turut, SAC mengadakan outcamp di kawasan Puncak, tepatnya dibumi perkemahan curug panjang, Mega mendung Bogor Jabar.
Naaah,, untuk tahun ini, SD 4, atau lebih akrab dengan sebutan Laskar Tidore dan Ternate mengadakan kegiatan outcamp’nya di tempat yang belum pernah dikunjungi oleh kelas 4 sebelumnya, yaitu di kampong tajur desa pasanggrahan kecamatan Bojong kabupaten Purwakarta. Nah disitu mereka melakukan kegiatan outcamp selama 3 hari 2 malam. Selama disana, banyak sekali kegiatan yang mereka lakukan, diantaranya : tinggal serumah dengan penduduk, memasak menggunakan tungku atau kayu bakar, mengikuti aktifitas penduduk atau disebut dengan program jika aku menjadi, mencari jejak menyusuri sungai, sawah dan pegunungan, renungan serta yang paling berbeda yaitu melakukan kegiatan baksos (bakti sosial). Dalam kegiatan baksos ini, sebelumnya siswa dan orangtua telah mengumpulkan produk sembako, pakaian layak pakai dsb yang kemudian dijual kepada penduduk sekitar dengan harga murah meriah. Kami menamaiya dengan istilah pasar 3M (pasar malam murah meriah). Disitu anak-anak dengan semangat menjajakkan dagangannya kepada warga, dan sebaliknya, warga sekitarpun sangan antusias untuk dapat membeli dagangan yang disediakan oleh panitia, meskipun dalam kondisi sedikit gerimis. Dan tentunya disela-sela pembukaan pasar 3M itu warga terlebih dahulu dihibur oleh penampilan-penamiplan anak-anak Tidore dan Ternate. Setelah selesai, siswa-siswi dibantu oleh mentornya menghitung uang hasil kegiatan pasar 3M tersebut. Waaaaah ternyata kita mendapat hasil yang tak terbayangkan sebelumnya. Dari pasar malam murah meriah itu terkumpul uang lebih dari satu juta rupiah, banyak bukan? Dan keesokan harinya, pada saat penutupan kami undang anak yatim dari lima RW dan ibi-ibu jompo yang ada di desa pasanggrahan untuk kemudian dibagikan kembali uang hasil penjualan pasar malam murah meriah itu kepada mereka semua. Senangnya bisa berbagi dengan mereka. Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lain selama outcamp di Purwakarta pada tanggal 7-9 Mei 2013. Meski beberapa kali hujan pada saat melakukan beberapa kegiatan, namun anak-anak tetap terlihat semangat dan senang menjalankan semua kegiatan.
Sampai ketemu lagi ya di OUTCAMP selanjutnya,,, bye   

Oucamp Ternate Tidore dua ribu tigabelas???
“JADIKAN PRIBADI MANDIRI, DISIPLIN, PENUH TANGGUNG JAWAB, RAMAH, DAN BERMASYARAKAT”

http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/945562_10151486046794652_365266939_n.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *