Media Belajar Terbaik Saat Pandemi untuk Anak Usia Dini

Menghindari semakin membebani orangtua dengan tumpukan tugas untuk anak di rumah, yang telah banyak di keluhkan oleh banyak orangtua,  tim fasilitator PG-TK Sekolah Alam Cikeas melakukan inovasi melalui  integrasi program perkembangan anak dengan rutinitas sehari-hari anak di rumah melalui media FUN ACTIVITY CHART.

Apa itu FAC?

FAC adalah serangkaian kegiatan sehari-hari anak yang disusun menjadi table atau chart kegiatan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali dengan mengambil poin-poin kegiatan yang telah diintegrasikan ke dalam ranah perkembangan  spiritual, sosial, keterampilan, bahasa dan aspek perkembangan anak lainnya sesuai dengan usianya dengan rancangan yang asyik dan menyenangkan.

 

Bagaimana Alur Pembuatan FAC?

Pertama-tama tim faslas setiap level menuliskan dan menyepakati kegiatan sehari-hari anak yang sesuai dengan usia & aspek perkembangan. Misal untuk TK A, “Anak melipat selimut setelah bangun tidur.” dll. Setelah menentukan poin-poin aktivitas, fasilitator mengirimkan kepada seluruh orangtua kemudian memandu cara membuatnya melalui sosialisasi secara online.

Kemudian orangtua bersama anak mencari benda atau barang-barang yang ada di rumah yang bisa dipakai seperti kardus majalah bekas dll untuk kemudian membuatkan fun activity chart tsb

Bagaimana Cara Menjalankan FAC di rumah? 

Setelah mendapat panduan aktivitas dari fasilitator kelas, berikut langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan di rumah:

  • Siapkan bahan untuk membuat papan FAC (kardus, majalah bekas atau ketas sejenisnya), semakin besar semakin bagus *Lakukan semua proses tersebut bersama anak
  • Urutkan aktivitas dari mulai bangun tidur sampai kembali tidur. *Lakukan semua prosesnya bersama anak
  • Tuliskan aktivitas poin per poin dan jelaskan kepada anak. (selain tulisan, lebih bagus lagi dibantu dengan visual, gambar dari majalah atau sejenisnya, bisa juga gambar karya Ayah Bunda sendiri, lebih keren lagi jika memungkinkan gambar anak sendiri). *satu aktivitas satu gambar
  • Pasang bersama-sama anak pada tempat yang mudah dijangkau dan sering dijumpai, bisa kamar tidur atau ruang tamu.
  • Siapkan gambar bintang atau sejenisnya sebagai sign apresiasi, kemudian digunting dengan warna dan ukuran yang sama kemudian simpan dalam satu kotak dan dipegang oleh orangtua.
  • Berikan tiga bintang jika anak mengerjakan satu aktivitas dengan semangat dan mandiri.
  • Berikan dua bintang jika anak mengerjakan namun masih perlu diingatkan dan dibantu.
  • Berikan satu bintang jika anak mau mengerjakan namun usaha susah payah lebih banyak oleh Ayah Bunda
  • Kosongkan jika anak belum mau melakukan.

Lakukan evaluasi dua atau tiga hari sekali bersama anak dengan melihat bersama chart dan berikan apresiasi sesuai dengan kebiasaan positif dalam keluarga.

Komunikasikan keberhasilan dan kendala yang dirasakan dengan fasilitator kelas, karena sesunguhnya anak akan lebih bersemangat berlipat-lipat manakala yang ia lakukan diketahui dan diapresiasi oleh orangtua dan fasilitator kelasnya.

Nah, selain untuk proses belajar sesuai dengan perkembangan di masa pandemic ini, FAC ini bisa terus dilakukan dengan variasi kegiatan, variasi bentuk, variasi apresiasi untuk terus membangun kebiasaan-kebiasaan baru yang baik pada anak.

~Selamat mencoba~

Tags: sekolah menyenangkan, trainer sekolah menyenangkan Categories: dunia paud, education, joyful school, sekolah menyenangkan
share TWEET PIN IT SHARE share
mas_fadhil

School Leader [Joyful School Trainer] [Certified In Educational Studies In Leadership]

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *