Apa Perbedaan PAUD dan TK?

September 23, 2019 53 0 0

Apa Bedanya PAUD dan TK?

Di Indonesia ada beberapa nama atau istilah yang digunakan untuk tempat belajar Anak Usia Dini, seperti Kober, Playgroup, TK,  Daycare, dan juga istilah PAUD itu sendiri. Sebenarnya apasih perbedaannya?.   Nah, bagi Ayah Bunda, yang masih bingung untuk membedakan PAUD, Playgroup & TK, yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

Merujuk ke  pasal 28 UU Sidiknas No.20/2003 ayat 1, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) diperuntukan untuk anak berusia 1 – 8 tahun, dimana usia tersebut adalah masa emas anak dalam berpikir dan mengenal banyak hal. PAUD adalah salah satu bentuk pendidikan usia dini pada jalur non formal yang memfasilitasi ragam kegiatan yang berfokus pada perkembangan anak dalam rangka menyiapkan anak untuk siap bersekolah.

Sebagaimana PAUD, TK juga merupakan bentuk pendidikan usia dini yang merupakan jalur formal. Pada umumnya di Indonesia TK terbagi menjadi dua kelas, yakni TK A & TK B atau juga disebut dengan istilah TK kecil dan TK besar. Dan masing-masing jenjang memerlukan waktu satu tahun untuk naik ke tingkat selanjutnya. Metode pembelajaran di TK dikemas secara formal. Anak-anak di taman kanak-kanak cenderung memiliki kagiatan dan target belajar yang lebih terstruktur dibandingkan dengan Playgroup, Daycare dll yang masuk pada jalur non formal atau disebut dengan PAUD.

Jika mengacu ke kurikulum pemerintah, maka ada enam (6) aspek yang dipelajari di TK yaitu:

  • Asepk Agama & Moral
  • Asepk Fisik Motorik
  • Asepk Kognitif
  • Asepk Bahasa
  • Asepk Sosial & Emosional, dan
  • Asepk Seni

 

Sebenarnya jika mengacu ke nama atau istilah keduanya, kita semua mengerti bahwa keduanya bukanlah sekolah, melainan persiapan sekolah. Maka dalam Bahasa Inggris juga disebut dengan istilah preschool, (pra sekolah).

Maka dari itu penting bagi para guru dan Ayah Bunda memiliki pandangan yang sama tentang pola belajar di PAUD dana tau TK. Guru harus mampu menyajikan proses atau aktifitas belajar dengan kreatif sehingga dapat diterima dengan menyenangkan oleh anak-anak. Maka kalua kita amati tidak jarang kita meihat banyak sekali aktifita bernyanyi, berlari, bermain dalam kegiatan anak-anak PAUD dan TK.

Jadi sekarang Ayah Bund sudah mengerti kan perbedaan dari PUD, TK dan Playgroup?. Selanjutnya selamat mencari dan semoga menemukan sekolah terbaik, sekolah yang menyenangkan bagi anak-anak Ayah Bunda tersayang untuk bisa bergaul dan bertumbuh optimal sesuai dengan usianya.

Categories: joyful school
share TWEET PIN IT SHARE share
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *