Melatih Ketrerampilan Komunikasi dan Percaya Diri Sejak Dini

September 13, 2019 7 0 0

Melatih Keterampilan Komunikasi dengan Presentasi

Salah satu jurus yang dapat diberikan kepada anak-anak untuk menejamkan keterampilan berkomunikasi di sekolah adalah dengan mengadakan presentation day, seperti yang telah biasa dilakukan di Sekolah Alam Cikeas sejak level SD, TK bahkan PG.  

Presentation Day adalah hari dimana setiap siswa mendapat kesempatan untuk melakukan sebuah presentasi tentang tema atau topik tertentu di depan teman-teman, guru kelas, dan para orangtua. Adapun materi dan durasi presentasi ditentukan sesuai dengan level kelas masing-masing.

Bahan materi presentasi bisa diambil dari hasil belajar selama satu periode atau tema tertentu dengan menjelaskan display dan pemahaman siswa di setiap pelajarannya. Misalnya dalam tema “Energi”, siswa menjelaskan display hasil pembelajaran Bahasa, Matematika, Sosial, Sains, Seni dan semua indikator yang telah dipelajari dalam satu tema.

Topik presentasi selain tema yang sedang dipelajari bisa juga bisa tentang topik yang menarik sesuai dengan kondisi kelas seperti Our Dream atau Profession. Dengan tema tersebut, kegiatan “Presentation Day” akan lebih menarik dan atraktif tentunya jika pada hari tersebut siswa memakai seragam sesuai profesi impian mereka dan menjelaskan hal-hal terkait profesi tersebut.

Untuk menambah tantangan siswa, di akhir presentasi, guru, orangtua, atau siswa yang lain bisa mengajukan pertanyaan yang terkait dengan tema presentasi. Hal ini sangat baik untuk memfasilitasi kemampuan critical thinking siswa dan menguji kepercayaan diri setiap siswa.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan di kelas, ada banyak manfaat yang siswa dapatkan setelah melakukan kegiatan Presentation Day. Setidaknya ada 

Empat Manfaat Melatih Keterampilan Komunikasi dengan Program Presentasi

  1. Siswa dapat menangkap uraian pelajaran/materi yang diajarkan guru,
  2. siswa dapat mengetahui hal-hal (berupa benda atau sejenisnya) yang memang tidak terdapat pada lingkungan sekitar dan tidak bisa disajikan secara langsung, hal-hal tersebut disajikan dalam bentuk gambar pada presentasi,
  3. siswa dapat berpikir kritis dan analisis,
  4. dan yang lebih hebat lagi, siswa dapat merasakan ruang belajar yang hidup.

Pada dasarnya setiap siswa mempunyai kemampuan melakukan presentasi, karena itu merupakan lifeskill yang harus dikuasai oleh setiap orang karena apapun pekerjaan mereka nanti pada saat dewasa, kelak akan membutuhkan kemampuan komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, kegiatan Presentation Day sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan presentasi siswa sejak dini dan pastinya akan sangat mendukung kesuksesan karir anak-anak, apapun profesinya nanti.

Kegiatan Presentation Day biasa dilakukan satu kali dalam satu tahun ajaran atau bias juga tiap semester. Dan itu harus dicantumkan dalam kelender kademik sekolah, sehingga yang terkait bias lebih menyiapkan sesuai dengan bagiannya agar hasilnya lebih optimal.

Categories: education, pendidikan, personal development, sekolah menyenangkan
share TWEET PIN IT SHARE share
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *