Belajar ala Milenial

April 24, 2019 71 0 0

“Meet and Learn with the Expert”

 

Kebayang kan bagaimana rasanya jadi guru untuk siswa yang isinya para Millenials atau bahkan lebih pas dengan sebutan Digital Native yang super cepat belajar karena mudahnya mendapat informasi dari belahan dunia.

Ditambah lagi  dengan munculnya ragam minat bakat siswa kekinian yang rasa-rasanya tidak mungkin kebutuhan belajar mereka dapat dipenuhi di kelas. Lihat saja di kelas kecil di SMA Sekolah Alam Cikeas yang ternyata tiap siswanya memiliki minat dan bakat yang berbeda. Ada yang sudah mantap ingin mendalami bidang Animasi, Komposer Lagu, Event Organizer, Kesehatan, Pelayanan Masyarakat, Fotografi, Videografi da nada juga yang sudah mantap ingin mendalami dan menjalankan Bisnis Pribadi.

Hadirnya Guru Sejarah, PKn, Agama, IPA, Sosial, Bahasa, Matematika saja tidak akan cukup untuk mereka. Lantas bagaimana caranya sekolah bisa tetap memfasilitasi ragam potensi peserta didiknya?, jawabannya cukup satu kata yaitu, KOLABORASI.

Seperti yang sedang kita kembangkan saat ini di SMA Sekolah Alam Cikeas, disaat kakak kelas XII melaksanakan Ujian Nasional, maka adik-adik kelas X yang biasanya libur atau belajar di rumah, beda halnya dengan siswa-siswi kelas X SMA Sekolah Alam Cikeas. Minggu ini mereka berkesempatan untuk bertemu dan belajar langsung dengan para Maestro, para Expert di bidangnya masing-masing dalam program khas SMA Sekolah Alam Cikeas yaitu “Meet and Learn with the Expert.

Pihak sekolah bersama orangtua melakukan proses kolaborasi untuk mencari dan menemui para Expert yang sesuai degan potensi anak untuk kemudian mengajukan proses kerjasama, lebih tepatnya belajar bersama.

Meet and Learn with the Expert adalah sebuah program wajib bagi para siswa SMA Sekolah Alam Cikeas yang dilaksanakan dalam tiga tahapan selama tiga tahun dan dengan batas durasi minimal yang telah ditentukan. Melalui ini diharapkan para siswa mendapat pengALAMan nyata belajar suatu bidang yang diminati dan merupakan keunggulan mereka sehingga dapat membuka cakrawala tentang bidang dan indutri yang terkait dengan bidang atau potensi yang telah mereka temukan dan tentukan bersama Mentor disekolah dan orangtua di rumah.

Enjoy the journey students!

 

         Cikeas, April 2019

Categories: education, guru abad 21, joyful school, pendidikan
share TWEET PIN IT SHARE share
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *