Transformational Teaching

July 10, 2018 141 0 1

DULU, para siswa begitu menunggu-nunggu kehadiran GURU untuk mendapat informasi dan pengetahuan baru. Sehingga para guru begitu luar biasa usahanya dalam menguasai ilmu-ilmu dan pengetahuan yang akan disampaikan kepada siswanya.

SEKARANG, informasi dan pengetahuan yg sebelumnya hanya bisa didapatkan dari penjelasan para GURU di kelas, telah begitu banyak bertebaran di awan dan sangat mudah didapatkan oleh setiap orang termasuk oleh siswa jaman SEKARANG.

Lantas, apa yg harus GURU lakukan? Mencari pekerjaan lain? Ya ndak lah, sampai kapanpun peran GURU tetap menjadi yg utama dalam suksesnya tujuan pendidikan.

Yg harus GURU jaman SEKARANG lakukan adalah, 3M (MENYADARI, MEMPELAJARI dan MEMODIFIKASI).

1). MENYADARI, setiap guru harus menyadari sepenuhnya bahwa semua telah banyak berubah, termasuk kebutuhan dan gaya belajar siswa.

2). MEMPELAJARI, setelah sadar, teruslah pelajari lebih dalam tentang apa-apa yg siswa jaman sekarang butuhkan, ada dua hal pentung yg harus dipelajari untuk optimal mengajar siswa jaman sekarang : Teknologi & Kolaborasi, (penjelasan lebih lengkap ada di buku#TRANSFORMATIONALTEACHING karya @fadhil mas ghufron yg akan launching 4 Agustus 2018.

3). MEMODIFIKASI, segera modifikasi peranannya yg sebelumnya hanya sebagai perantara informasi/pengetahuan menjadi seorang FASILITATOR yg siap sedia untuk memfasilitasi gaya dan kebutuhan belajar siswa, menjadi seorang MENTOR, yg siap sedia menjadi teman tumbuh dan teman belajar bagi siswa, sekaligus menjadi seorang COACH yg mampu membuat siswa mampu menemukan potensi unggulnya untuk kemudian dikembangkan menjadi sesuatu yg bisa menjadi bekal meraih kesuksesan terbaik di masa depannya.
“Great teachers aren’t measured by how great they deliver the lessons, but how great their effort to find and develop ptudents’ potential”, fmg

#transformationalteaching #joyfulschool #joyfuschooltrainer #sekolahmenyenangkan #trainersekolahmenyenangkan #bukusekolahmenyennagkan

Tags: buku transformational teaching, fadhil mas ghufron, joyful school, joyful school trainer, sekolah menyenangkan, trainer sekolah menyenangkan, transformational teaching Categories: education, guru abad 21, joyful school, pendidikan, sekolah menyenangkan, sekolah terbaik, transformational teacher, transformational teaching
share TWEET PIN IT SHARE share
Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *