Cegah Bullying dengan Cara Menyenangkan

June 6, 2018 152 0 1

Sudah bebaskah sekolahmu dari BULLYING?

Saya mengawali tulisan ini dengan kata kunci “bullying” yang memang sampai saat ini masih menjadi pembahasan dan masalah yang sering muncul di sekolah-sekolah.

Penyebab utama adanya bullying di sekolah yang sering muncul adalah senioritas dan kelompok pertemanan atau (geng).
Tingginya rasa senioritas sejalan dengan lemahnya kedekatan antar kelas dan kelompok. Oleh karena itu, sekolah harus mampu mendekatkan mereka dengan sistem dan program yang menyenangkan.

Foto yg saya ambil dari isi buku #sekolahmenyenangkan ini adalah suasana setiap pagi di pintu masuk menuju area sekolah. Mereka adalah guru-guru yang setiap pagi selalu tulus menyambut para siswa dengan senyuman dan kasih saying secara bergantian. Tidak banyak kalimat yang mereka ucapkan selain assalamu alaikum, selamat pagi, apa kabar, good morning, how are you?, atau implementasi dari 3S (Senyum Salam Sapa). Namun sapaan itu begitu tulus mereka sampaikan ke setiap siswa yang datang. Hal tersebut rutin dan konsisten dilakukan sehingga membuat siswa yang datang merasa senang dan nyaman ke sekolah, karena ada guru-guru yang siap menjaga dan memfasilitasi kebutuhan siswa di sekolah dengan penuh kasih sayang. Tidak hanya guru kelasnya saja yang terbiasa menyapa siswa di pagi hari, tapi semua guru yang ada di sekolah menyapa siswa setiap pagi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama satu tahun ajaran, sehingga para siswa tidak hanya mengenal guru yang mengajar di kelasnya saja tetapi akan kenal dan dekat serta dikenal oleh semua guru yang ada di sekolah. All the students in my school are my own students, adalah prinsip bagi semua guru kami. Hal itu akan membuat siswa memiliki pemikiran yang sama, yakni “every teachers in this school is my own teachers”. Hal tersebut terbukti ampuh untuk menghalau rasa sungkan bagi semua siswa untuk bertanya atau bahkan bercerita ke semua guru yang ada di sekolah.

Tidak hanya para guru yang berkesempatan menyambut kedatangan siswa di pagi hari, para kakak kelas juga secara bergantian berkesempatan menyapa adik-adik kelasnya. Mereka adalah siswa SD 3 – SD 6 yang sudah mendapat jadwal dan sosialisasi dari setiap gurunya di kelas terkait duty rota pagi atau tugas menyambut kedatangan siswa di pagi hari. Siswa yang bertugas di hari tersebut akan datang lima belas menit lebih awal untuk menyambut kedatangan teman-teman dan adik kelasnya.


Program ini bertujuan untuk membangun karakter siswa diantaranya :
1. Bertanggung jawab di setiap jadwal yang telah ditetapkan.
2. Membiasakan hidup ramah.
3. Mengenal dan menyayangi kakak dan adik kelasnya.
4. Menghindari gap antar kelas.
5. Membangun percaya diri siswa.
6. Membangun kedekatan antar semua siswa di setiap level.

Dengan demikian, adik-adik kelas akan merasa lebih nyaman di sekolah karena kakak kelas telah memposisikan sebagai kakak mereka yang ramah dan mengayomi mereka serta dapat menjadi teman bermain bersama, dan hal tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan masalah “bullying” antar siswa yang makin marak di lingkungan sekolah.

Tidak mau kalah dengan para guru dan siswa, barisan para staf kebun dan tim keamanan dengan menggunakan topi khas daerah tertentu juga ikut ambil bagian dalam penyambutan kedatangan siswa di pintu atau gerbang utama sekolah di setiap paginya. Ada sekitar dua sampai empat orang yang bertugas setiap paginya. Meski ada yang masih kurang percaya diri dalam menyambut siswa dan orangtua, namun senyum kaku lugu mereka begitu menyenangkan orangtua yang mengantar anak-anaknya. Hal ini mengajarkan bahwa “ramah” adalah kebutuhan dan kewajiban mutlak bagi setiap warga sekolah.

Aktifitas menyambut kedatangan siswa oleh kakak kelas secara bergiliran terbukti ampuh dapat mendekatkan siswa sekaligus mampu mengikis BULLYING di sekolah.

Kabar baiknya, bagi para guru, kepala sekolah, juga Ayah Bunda semua yang peduli pendidikan, tips & trik dalam mendesain dan menjalankan Sekolah Menyenangkan yang mampu meminimalisir bullying di sekolah telah dipaparkan jelas di buku #sekolahmenyenangkan karya fasilitator Sekolah Alam Cikeas , Pak Fadhil Mas Ghufron sudah bisa anda dapatkan di Penerbit Ybs dan admin Sekolah Alam Cikeas (ready for delivery ke seluruh Indonesia).
Anda juga bisa melakukan pemesanan by WA 0856 9773 0549

#sekolahalamcikeas #sekolahmenyenangkan #bukusekolahmenyenangkan    #pengALAManadalahsekolahterbaik

Tags: sekolah menyenangkan Categories: education, joyful school, pendidikan, sekolah menyenangkan, transformational teaching
share TWEET PIN IT SHARE share
Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *